Makanan Khas Lombok Yang Jadi Favorit Oleh Wisatawan

Makanan khas Lombok . Dalam bahasa Sasak Lombok berarti lurus.Banyak makna yang terkandung dari kata tersebut. Menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok terkenal di dunia dengan keindahan pantai putih nya dan keramahan penduduknya.

Jika sobat sedang wisata di daerah ini, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati kekayaan kuliner setempat. Nah,pada edisi kali ini, kami akan mengulas makanan khas Lombok yang wajib kamu coba, karena belum tentu kuliner ini bisa kamu temui ditempat lain.

Makanan Khas Lombok Yang Paling Dicari

Beberapa daftar menu makanan khas Lombok di bawah ini adalah yang biasa di cari para wisatawan saat travelling ke tempat ini, biar kamu gak penasaran, yuk simak penjelasanya:

  1. Nikmat nya Nasi Puyung yang sederhana dengan rasa pedas yang menggugah selera

Makanan khas Lombok ini berasal dari sebuah desa kecil bernama Puyung, Lombok Tengah. Di buat pertama kali oleh Inaq Esun (Inaq = ibu). Secara kasat mata, tampilan Nasi Puyung tidak lah istimewa, isi nya berupa suwiran daging ayam yang di sajikan bersama kacang kedelai, cabai, taburan udang kering, belut goreng dan abon.

Ciri khas makanan ini terletak pada rasa pedas bumbunya yang sederhana. Di Mataram, Nasi puyung sangat mudah kamu temui di setiap sudut kota, mulai dari warung biasa sampai kelas restoran. Jangan sampai lupa ya mencoba nya!

  1. Sate Rembiga makanan kerajaan yang turun temurun

Menurut kabar, pembuat Sate Rembiga pertama kali adalah seorang anggota keluarga kerajaan dari Raja Pejanggik yang tinggal di wilayah Rembiga yang memang ahli membuat sate. Sampai saat ini keahlian tersebut masih diturunkan secara turun temurun kepada penerusnya.

Sate Rembiga yang nikmat ini terbuat dari daging sapi yang telah diolah sebelum nya dengan bumbu rahasia dipadukan dengan teknik khusus meracik sate yang diajarkan secara turun temurun. Saat kamu menggigit daging nya terasa empuk dengan aroma dan rasa yang khas. Bikin ketagihan!

  1. Plecing Kangkung yang segar dengan rasa yang pas membuat nafsu makan bertambah

Mengenai makanan khas Lombok yang berikut ini kamu pasti sudah tahu, biasa nya disajikan bersama dengan menu utama Ayam Taliwang. Kangkung yang dipakai bukan sembarang kangkung, tapi jenis kangkung air dan berbeda dengan kangkung di pulau Jawa.

Kangkung di Lombok terkenal karena teksturnya yang lembut dan tidak terasa alot. Kangkung ini biasa di jadikan oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat oleh para wisatawan. Plecing kangkung biasa nya disajikan bersama tauge, kacang tanah, serundeng lalu disiram dengan sambal terasi, mantap deh rasanya.

  1. Kelezatan asli Ayam Taliwang hanya bisa kamu dapatkan di tempat asal nya

Ayam Taliwang adalah makanan khas kota Lombok yang paling terkenal dan paling favorit. Masakan ini pertama kalinya di perkenalkan oleh salah seorang juru masak Sultan Sumbawa yang berada di Lombok pada jamam Raja Karangasem, dalam waktu yang singkat Ayam Taliwang menjadi makanan favorit kerajaan.

Meskipun Ayam Taliwang bisa kamu temui di kota-kota besar di Indonesia, jika di bandingkan rasa nya akan berbeda-beda, meskipun mungkin bumbu yang di gunakan sama, kok bisa. Karena di tanam di daerah atau tanah yang berbeda, dan masing-masing tanah mempunyai komposisi yang berbeda. Maka nya selagi ada di Lombok kamu harus mencoba Ayam Taliwang asli.

Comments

comments